Materi pembelajaran algoritma pemrograman | Algoritma pemrograman

Assalam, Selamat datang dan terimkasih sudah mampir di web saya ini. Untuk pertama kali nya saya akan posting materi pembalajaran tentang algoritma pemrograman.

Komputer atau Hardware dibuat sebagai alat bantu untuk menyelesaikan
Pertama-tama sebelum saya membahas tentang algoritma pemrograman saya akan memberikan materi pengantar algoritma.

masalah. Permasalahan apapun dapat diselesaikan dengan komputer asalkan
dengan langkah-langkah yang tepat dan jelas yang disediakan oleh manusia.
Bagaimana cara mendeskripsikan masalah agar dapat diselesaikan dengan
komputer?

Caranya
adalah:
1.  menjabarkan masalah
2.  merinci langkah untuk menyelesaikan masalah
3.  membuat sarana interaksi manusia-komputer
Langkah untuk menyelesaikan suatu masalah disebut dengan program
komputer.

Program komputer
adalah urutan langkah kerja dalam bahasa
pemrograman komputer.

Tranformasi masalah
menjadi program komputer diperlukan:
1.  bentuk urutan masalah
2.  bahasa yang dipakai
3.  konsep mesin computer

Bagaimana cara mengembangkan dan menganalisa langkah-langkah
penyelesaian masalah tanpa tergantung pada karakteristik bahasa yang dipaka
ataupun sifat mesin yang digunakan? Hal inilah yang melatarbelakangi
mengapa diperlukannya sebuah Algoritma.



Algoritma, apakah algoritma itu?
Asal mula kata Algoritma adalah Algorism 
berasal dari nama penulis buku Arab yaitu Abu Ja’far Muhammad ibnu Musa Al-
Khuwarizmi.
Keuntungan pemakaian algoritma
adalah: logika pemecahan masalah dapat
dibuat bertingkat (mulai dari global menuju terperinci), algoritma merupakan
bentuk fleksibel untuk diterapkan ke berbagai bahasa pemrograman.
Jadi

Algoritma adalah:


1.  penyusunaan aspek proses logika dari suatu pemecahan masalah tanpa
melihat karakteristik bahasa pemrograman yang akan digunakan
2. urutan notasi logika yang merupakan hasil analiss dan rancangan
sistematik dari strategi pemecahan maslah, untuk menggambarkan
urutan langkah kerja yang jika dikerjakan akan membawa ke tujuannya.
3.  urutan logika langkah kerja untuk meyelesaikan suatu masalah.
Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: menjahit pakaian,
membuat kue, jadwal harian, panduan merakit komputer, dan lain-lain.

Notasi Algoritma independen dengan bahasa pemrograman dan
mesin komputer
Beberapa notasi yang digunakan dalam penulisan algoritma :
1.  Notasi I : untaian kalimat deskriptif
2.  Notasi II : diagram alir (flow chart)
3.  Notasi III : psudo-code

Notasi I :
Algoritma Luas_Segiempat
Menghitung luas segiempat dengan memasukkan nilai lebar dan panjang
segiempat

Deklarasi
Luas,panjang,lebar : bilangan bulat

Deskripsi
1.  Masukkan nilai lebar dan panjang
2.  Hitung luas sama dengan panjang kali lebar
3.  Tampilkan Luas

Notasi II :
mulai
Input
panjang, lebar
Luas = panjang * lebar
Output
Luas
selesai

Notasi III :
Algoritma Luas_Segiempat
Menghitung luas segiempat dengan memasukkan nilai lebar dan panjang
segiempat

Deklarasi
Luas,panjang,lebar : integer

Deskripsi
Input(n)
Luas = panjang * lebar
Output(Luas)


Program, Apa itu program?

Program adalah 
logika pemecahan masalah dalam bahasa
pemrograman tertentu untuk diproses oleh computer.
 
Program yang baik
mempunyai syarat:
1.  benar, yaitu bersih dari syntak error, run time error, ataupun logic error
2.  berlaku umum untuk beragam data (valid)
3.  mudah dibaca (dilengkapi dengn komentar dan keterangan)
4.  mudah dimodifkasi dan dikembangkan
5.  efisiensi dalam penggunaan ruang dan waktu (kompleksitas rendah)


Komputer digunakan sebagai alat bantu penyelesaian suatu persoalan.
Masalahnya, problematika itu tidak dapat “disodorkan” begitu saja ke depan
komputer, lalu komputer dapat memberikan solusi dan jawaban.
Ada “jarak” antara pesoalan dengan komputer. Jadi, strategi pemecahan
masalahnya harus lebih dahulu ditanamkan ke dalam komputer dalam bentuk
program. Ilmu memprogram berkembang sehingga memprogram dengan cara
trial and error
harus diganti dengan “seni” memprogra m yang baik (lihat syarat
program yang baik).

Beberapa Paradigma dalam Pemrograman

a.  Prosedural / Terstruktur
Paradigma ini mengkonstruksi program dari struktur data dan
algoritma. Paradigma ini berdasarkan konsep Von Newman : ada
sekelompok memori yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori
data. Instruksi akan dieksekusi satu per satu secara sekuensial oleh
prosesor tunggal. Data diperiksa dan dimodifikasi secara sekuensial pula.
Pemrograman dalam paradigma ini tidak “alamiah” karena
programmer
diharuskan berpikir dalam batasan mesin/komputer. Karena dekat dengan
mesin maka keuntungan menggunakan paradigma ini yaitu program yang
dihasilkan dapat berjalan secara efisiensi.

b.  Paradigma Fungsional
Paradigma ini didasari oleh konsep pemetaan dan fungsi pada
matematika. Pemrogram mengasumsikan bahwa ada fungsi-fungsi dasar
yang dapat dilakukan, penyelesaian masalah didasari atas aplikasi dari
fungsi-fungsi tersebut. Semua tingkah laku program merupakan suatu rantai
transformasi dari sebuah keadaan awal menuju ke suatu rantai keadaan
akhir, yang mungkin melalui keadaan antara.
Paradigma ini tidak lagi mempermasalahkan memorisasi dan struktur
data, tidak ada pemilahan antara data dan program, tidak ada lagi
pengertian tentang “variable”.
Programmer
tidak perlu lagi  mengetahui
bagaimana mesin mengeksekusi dan bagaimana data disimpan.

c.  Paradigma Deklaratif / Logika
Paradigma ini mengkonstruksi program dari kumpulan fakta dan
aturannya. Paradigma ini didasari oleh bagaimana mambuat relasi antar
individu yang dinyatakan dengan predikat.

Karena program logika terdiri atas kumpulan fakta dan kumpulan
aturan, maka tugas
programmer
mengendalikan pencocokan
goal
yang
akan dituju, melewati fakta-fakta yang ada.

d.  Paradigma Object-Oriented
Paradigma ini mengkonstruksi program dari objek-objek dalam ruang
lingkup masalahnya. Sekumpulan objek yang mempunyai sifat yang sama.
Dapat menjadi sebuah kelas. Sebuah kelas mempunyai
attribute
(sekumpulan sifat/ciri). Paradigma ini menawarkan konsep modularitas,
penggunaan ulang, dan kemudahan modifikasi.

e.  Paradigma Konkruen
Paradigma ini dipengaruhi oleh arsitektur perangkat keras yang
memungkinkan proses dijalankan secara parallel.
Berdasarkan paradigma tersebut maka bahasa pemrograman dapat
dikelompokkan :

Paradigma Bahasa Pemrograman
Prosedural / terstruktur
Pascal, C, basic, Java, dll
Fungsional
Logo, Apl, LISP, dll
Deklaratif / logika
Prolog
Object-Oriented
Smalltalk, Java, C++

Sekian dulu untuk materi tentang algroitma pemrograman kali ini.
terimakasih sudah berkunjung
Wassalam

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment